Carrefour Tarik Tisu Bergambar Mirip Lafal Allah

Jaringan supermarket Carrefour di Belgia menghentikan penjualan produk tisu untuk toilet merk Renova yang bergambar simbol zodiak.

Sepuluh hari sebelumnya, kertas tisu itu menjadi bahan pembicaraan komunitas Muslim di dua masjid di Belgia, karena gambar zodiak Virgo dan Carpicorn di kertas tisu merk Renova, mirip dengan tulisan “Allah” dan “Muhammad” dalam tulisan Arab. Komunitas Muslim di Belgia menanyakan pada imam mereka, apakah ada faktor kesengajaan dari pihak produsen kertas tisu tersebut.

Meski tidak ada protes yang diajukan ke pihak supermarket, manajemen Carrefour Belgia akhirnya mengambil keputusan untuk menarik semua produk kertas tisu toilet Renova dari rak-rak penjualan mereka, untuk menghindari kontroversi .

Menurut sumber di supermarket tersebut, penjualn produk tisu merk Renova menurun tajam dua tahun yang lalu, karena kasus yang sama di Prancis menjadi isu yang memicu tanda tanya banyak pihak, khususnya komunitas Muslim.

Kertas tisu yang menampilkan disain yang mirip tulisan “Allah” dan “Muhammad” dalam huruf Arab juga pernah menimbulkan kontoversi di Swiss pada tahun 2002. Jaringan supermarket Migros di Swiss menarik semua produk tisu itu setelah dikontak oleh Juru Bicara Masjid Jenewa, Hafid Ouardiri.

Terkait kasus di Belgia, surat kabar Le Capitale melaporkan bahwa produk tisu toilet bergambar zodiak yang mirip tulisan “Allah” dan “Muhammad” masih dijual di beberapa supermarket di negeri itu. Penarikan produk hanya dilakukan sementara.

Polisi Federal Belgia ikut turun tangan menangani kasus ini. Mereka melakukan penyelidikan karena khawatir produk tisu itu memicu aksi “kelompok fundamentalis”. (fani/erm)