Menteri Saudi: Gunakan Media Informasi Modern Untuk Sebarkan Islam

Menteri Urusan Islam Saleh Al-Asheikh telah menekankan perlunya memanfaatkan media informasi modern termasuk internet dan stasiun radio FM untuk menyebarkan pesan Islam.

“Radio FM dengan gelombang pendek telah ditemukan lebih efektif dalam menyebarkan agama Islam,” kata menteri, menambahkan bahwa itu telah berhasil digunakan di negara-negara Afrika, Asia Timur dan Asia Tenggara.

“Kita bisa mencapai sejumlah besar orang melalui radio FM dari saluran satelit dan dengan harga yang murah,”katanya dan mendesak para dermawan untuk menggunakan media yang dinamis ini untuk kerja Da’wah.

Ia mengatakan para ulama Islam di Inggris dapat memberikan kelas-kelas dan kuliah melalui Internet, menargetkan penonton di berbagai belahan dunia. “Banyak orang di seluruh dunia ingin tahu lebih banyak tentang Islam.”

Al-Asheikh juga menekankan kebutuhan untuk menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk penyebaran Islam, mengatakan generasi muda menggunakan media ini untuk komunikasi dan bertukar informasi.

Ia berharap saluran satelit perlahan-lahan akan menghilang dalam 10-15 tahun ketika orang-orang akan mengalihkan fokus mereka ke Internet. “Jadi, kita harus memiliki kehadiran yang lebih besar di Internet dan kita harus mengeluarkan uang lebih untuk mengembangkan media ini,” kata menteri tersebut.

Senin lalu, Al-Asheikh meluncurkan situs baru untuk Hadis bernama www.alssunnahnet.com untuk menyoroti kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Situs ini juga menawarkan fatwa dan konsultasi legislatif, yang dijawab oleh sekelompok ulama dari berbagai bidang ilmu. (Fani/vis)