Malaysia Bubarkan Pertemuan Massal Pengikut Sekte Syi’ah

Pemerintah Malaysia telah membubarkan sebuah pertemuan massal penganut sekte Syi’ah dan menahan sedikitnya empat orang.

Petugas Departemen Agama ditemani dengan setidaknya 20 pasukan keamanan membubarkan sebuah pertemuan yang diadakan untuk merayakan ulang tahun dari putri Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, Fatimah Radiallahu Anha, pada hari Selasa, AFP.

“Kami sedang makan siang … dengan 200 orang, banyak dari mereka yang non-Muslim, untuk merayakan ulang tahun, seketika tempat kami digerebek,” kata Wahab Omar, pemimpin komunitas Syiah.

Tokoh Syi’ah Malaysia Abdul Aziz Kamil Zuhairi dan tiga pengikut lainnya ditangkap oleh aparat keamanan Malaysia.

Kamil Zuhairi sebelumnya menyalahkan pejabat pemerintah karena secara sistematis melanggar hak-hak dasar warga Syi’ah di negara mayoritas Muslim Sunni tersebut.

Desember lalu, lebih dari 200 Muslim Syiah, termasuk warga Iran, Indonesia dan Pakistan, ditangkap di sebuah upacara berkabung untuk Imam Syi’ah ketiga dan cucu Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, Imam Hussein Radiallahu Anha, yang menjadi syahid di Karbala, Irak, lebih dari 1.300 tahun yang lalu.

Beberapa dari mereka yang ditahan dituntut di pengadilan agama dan sedang menunggu persidangan.

Larangan Syi’ah di Malaysia dikeluarkan pada 1996 oleh Dewan Fatwa Nasional. Dewan Fatwa berada di bawah Departemen Pengembangan Islam. (Fani/Vis)