Turki Akan Memfilmkan Serangan Brutal Pasukan Israel terhadap Mavi Marmara

Sebagai pembalasan atas pembantaian yang dilakukan oleh pasukan komando Israel terhadap sembilan aktivis kemanusiaan Turki pro-Palestina, Turki akan segera membuat film yang terkait dengan itu.

Dalam film Lembah Para Serigala (Valley of the Wolves) – Palestina – mengadopsi dari serial TV dengan nama yang sama – tokoh protagonis dalam film tersebut akan menangkap komandan militer yang telah merencanakan dan memerintahkan serangan terhadap kapal Mavi Marmara, situs film tersebut mengatakan, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Film ini akan banyak berfokus pada kapal yang memimpin Armada Kebebasan yaitu kapal berbendera Turki, Mavi Marmara.

Sebelumnya Tel Aviv telah bersitegang dengan Ankara akibat serial film ini, selain penggambaran patriotik lainnya, di mana pada episode sebelumnya telah menampilkan kisah seorang anak Turki yang ditangkap oleh agen mata-mata Mossad Israel.

Bereaksi terhadap serial ini, Israel memanggil Duta Besar Turki Oguz Celikkol, yang dilaporkan dia dihina dengan harus duduk di sofa yang lebih rendah dan menghapus bendera Turki dari meja diskusi.

Pernyataan Celikkol kemudian dikutip oleh kantor berita Anatolia yang menyebut pelecehan terhadap dirinya tersebut sebagai salah satu sejarah buruk dalam buku-buku sejarah diplomatik,” lapor AFP. (erm/Fani)