Apakah Muntah Bisa Membatalkan Puasa?

Jawaban:

Jika seseorang muntah dengan sengaja maka batallah puasanya. Dan jika muntah tidak dengan sengaja maka tidak batal. Dalil dari masalah ini adalah hadits Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu Alahi wa Sallam bersabda,”Barangsiapa yang muntah dengan sengaja hendaklah dia mengqadha’ dan barangsiapa yang muntah tidak dengan sengaja maka tidak ada qadha’ baginya.”(Diriwayatkan Abu Daud).

Jika Anda muntah tidak karena sengaja, maka puasa Anda tidak batal. Jika seseorang merasa perutnya mual dan akan keluar sesuatu, maka kami katakan kepadanya, jangan dicegah dan jangan dipaksa-paksa untuk muntah? Bersikaplah biasa-biasa dan jangan memaksakan diri untuk memuntahkannya serta jangan di tahan-tahan. Jika Anda memaksakan diri dalam memuntahkannya maka batallah puasa Anda dan jika dicegah akan membahayakan Anda. Maka biarkan saja muntah itu keluar secara alami keluar tanpa ikut campur Anda, maka hal itu tidak akan membahayakan Anda dan tidak membatalkan puasa Anda.

Sumber: Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Fatawa Arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.), hlm. 502.