Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,
صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ كَفَّارَةُ سَنَةٍ وَلا يُكْرَهُ إفْرَادُهُ بِالصَّوْمِ
“Puasa pada hari asyura’ (10 Muharram) adalah penghapus dosa selama satu tahun. Dan tidak dimakruhkan melaksanakannya secara sendirian (tidak menyertakan puasa pada tanggal 9 Muharram).” (Al-Fatawa Al-Kubra juz 5)
Di dalam Tuhfatul Muhtaj karya Ibnu Hajar Al-Haitamy beliau berkata,
عاشوراء لا بأس بإفراده
“Tidak mengapa hanya melaksankan puasa Asyura (tanpa tasu’a).” (Tuhfatul Muhtaj juz 5 bab shaum thatawu’)
Tim Fatwa Lajnah Daimah ditanya dengan permasalahan ini, mereka menjawab,
يجوز صيام يوم عاشوراء يوماً واحداً فقط ، لكن الأفضل صيام يوم قبله أو يوم بعده ، وهي السُنَّة الثابتة عن النبي صلى الله عليه وسلم بقوله : ” لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع
“Diperbolehkan puasa pada hari Asyura dengan hanya berpuasa satu hari saja. Akan tetapi lebih utama melaksankan puasa Asyura dengan didahului puasa satu hari atau dengan menambah puasa satu hari setelahnya. Dan hal itu adalah sunnah yang telah ditetapkan dari Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam dengan sabdanya, ‘Sungguh jika aku masih hidup pada tahun depan maka sungguh aku akan benar-benar berpuasa pada hari kesembilan. (Hadits riwayat 1134)”
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Buhus Al-Ilmiyah wa Al-Ifta’ 11/401
Wallahu A’lam
Diterjemahkan dari
https://islamqa.info/ar/answers/21776/ما-حكم-افراد-عاشوراء-بالصيام