Siang Ini LSM Syiah, Voice of Palestine Rayakan Hari Quds Internasional

JAKARTA (an-najah) – Kelompok syiah mempunyai tradisi yang khas tiap bulan Ramadhan pada jumat terakhir, mereka merayakan Hari Al-Quds Internasional. Perayaan Hari Al-Quds ini merujuk kepada seruan Imam Khomeini pada tahun 1979 untuk membela perjuangan rakyat Palestina dan menyerukan perlawanan terhadap Israel.

Selama beberapa tahun belakangan, kelompok syiah Indonesia yang dipelopori oleh VOP (Voice of Palestine) ini rutin mengadakan perayaan atau aksi pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan. VOP yang dipimpin oleh lulusan Qom Iran, Mujtahid Haseem bersama dengan ormas syiah mengadakan aksi turun ke jalan sambil membawa spanduk, poster dan tulisan yang mengecam zionis. Sering juga terlihat pada tahun-tahun sebelumnya bendera Syiah Hizbullah Lebanon dan foto Hasan Nasrallat diusung oleh para peserta aksi.

Dalam rilis persnya yang dimuat di beritaprotes.com, VOP menyerukan untuk mengadakan demonstrasi yang berpusat di Jakarta, pada Jumat 2 Agustus 2013. Demonstrasi akan dimulai pada pukul 14.00 di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Berikut pers rilis yang dikeluarkan organisasi syiah, Voice of Palestine:

“BERSATU UNTUK KEADILAN DAN KEMERDEKAAN PALESTINA”

DEMONSTRASI besar tahunan akan berlangsung pada Jumat terakhir di bulan Ramadan 1434 H, atau tepatnya pada 2 Agustus 2013. Ribuan pecinta keadilan dan kemanusiaan dari Jabodetabek dan sekitarnya akan datang untuk menunjukkan solidaritas bagi bangsa Palestina dan bangsa tertindas lain di seluruh dunia.

Demonstrasi yang sama, pada saat yang sama, akan berlangsung di sejumlah kota di Tanah Air, seperti Lampung, Palembang, Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Samarinda, dan Tarakan. Demonstrasi Hari Internasional Al-Quds juga akan berlangsung di sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Iran, Irak, Lebanon, dan Suriah.

Demonstrasi Al-Quds di Jakarta akan menyuarakan solidaritas bangsa Indonesia bagi keadilan dan kemerdekaan Palestina serta bangsa tertindas lainnya di seluruh dunia. Demonstrasi ini juga akan menyerukan persatuan umat Islam dan para pecinta keadilan dan kemanusiaan di tengah upaya kekuatan neo-imperialis dan Zionis memecah belah persatuan.

Hari Internasional Al-Quds adalah hari universal. Inilah hari ketika kaum tertindas bangkit dan bersatu menentang penindasan kaum penindas. Spirit pembasan Palestina adalah spirit universal. Spirit pembebasan Palestina adalah spirit pembebasan bangsa-bangsa dari elemen-elemen penindas.

Jakarta, 31 Juli 2013

Ir Mujtahid Hashem

Direktur Eksekutif Voice of Palestine Indonesia

Contact person: +6287823114748