Sekjen HASI: Konflik Suriah Bukan Perang Saudara, Melainkan Konflik Ideologis

RIAU (an-najah) – Ahad, 31 Maret 2013, ratusan jamaah dari berbagai lapisan masyarakat memenuhi Masjid Raya Nurussalam Pekanbaru, Riau. Pada kesempatan ini diadakan acara Tabligh Akbar Solidaritas untuk Suriah yang digelar oleh DPD Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Wilayah Riau.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Musthafa Umar, Lc. MA (Ulama Riau, pakar Tafsir Al-Quran), Abdillah Onim (relawan Mer-C yang menetap dan berkeluarga di Gaza), Angga Dimas, S. Farm Sekjen Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) yang pernah bertugas Suriah, serta Drs. Irwan Syaifullah (DPP HTI).

Pada kesempatan ini, Angga Dimas memaparkan tentang fakta yang terjadi di Suriah saat ia mengunjungi wilayah yang termasuk ke dalam negeri Syam tersebut saat sebelum dan sesudah terjadinya konflik.

Seperti dilansir dari islampos, Angga menyayangkan pernyataan sebagian kalangan yang menyampaikan bahwa konflik Suriah adalah perang saudara. Berkali-kali ia menegaskan bahwa konflik yang terjadi di Suriah bukanlah perang saudara, melainkan perang ideologis antara ummat Islam dan Syi’ah Nushairiyah yang diwakili oleh sosok rezim Bashar Assad.

Narasumber lainnya, yakni Dr. Musthafa Umar, Lc. MA menyampaikan bahwa apa yang terjadi saat ini (konflik di Gaza, Suriah serta berbagai negeri Muslim lainnya) sebagai bukti nyata permusuhan abadi antara Yahudi, Nasrani dan orang-orang musyrik terhadap ummat Islam.

Doktor lulusan Universitas Malaya, Malaysia ini menghimbau ummat Islam agar siap berjihad di jalan Allah dengan apa yang disanggupi, baik harta ataupun nyawa.

Dalam acara ini, juga diadakan penggalangan dana. Di akhir acara diumumkan bahwa total dana yang terkumpul sebanyak lebih dari 20 juta Rupiah, dan diberikan langsung kepada Angga Dimas sebagai perwakilan HASI. [fajar/islampos]