FUI: Raja Bali Intoleran

Islampos.com – SEKJEN Forum Umat Islam (FUI) menyayangkan pernyataan Raja Bali terkait himbauan kepada umat muslim untuk tidak menyembelih sapi saat Idul Adha. Menurutnya, Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III telah menunjukkan sikap intoleran terhadap kaum muslim.

“Pernyataan Raja Bali menunjukkan sikap intoleran kepada umat Islam karena menyembelih sapi adalah ibadah dalam agama Islam,” tegas Muhammad Al Khathtath kepada Islampos.com, Kamis (25/10/2012)

Seharusnya Raja Bali tidak pantas bicara demikian. Jika ucapan tersebut sebatas ‘bisik-bisik’ mungkin bisa dimaklumi. Tapi jika pernyataan Raja Bali dikatakan terbuka di Jawa Tengah sebagai daerah mayoritas muslim dan menyebar ke seluruh umat Islam, maka tindakan tersebut adalah arogan.

“Ini adalah bentuk intervensi kepada umat Islam. Saya kira ini sikap arogan dengan mengatakannya di Jawa Tengah dan tersebar ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Atas pernyataan tersebut, FUI menghimbau agar umat Islam bisa menahan diri dan tidak terpengaruh ucapan Raja Bali tersebut.

“Umat Islam tidak perlu terpengaruh dengan himbauan Raja Bali, tetap tenang dan tidak perlu melakukan serangan fisik,” pintanya.