Saudi Berikan Keringanan Bagi Warga Suriah untuk Berhaji

Hidayatullah.com–Pemerintah Arab Saudi memberikan izin visa dan keringanan kepada warga Suriah yang ingin melakukan ibadah haji, melalui kedutaan Suriah yang ada di Lebanon, Yordania, dan Turki.

Duta Besar Arab Saudi di Lebanon, Ali Awad Asiri mengatakan dalam pernyataan persnya, arahan dari Penjaga Dua Tanah Haram (Raja Saudi) telah disampaikan kepara utusan-utusan Saudi yang ada di Lebanon, Yordania, dan Turki untuk memfasilitasi keperluan warga Suriah yang ingin melakukan ibadah haji tahun ini.

Diplomat Saudi menjelaskan, “Telah ada alokasi bagian khusus di kedutaan di Beirut untuk memberikan layanan yang diperlukan untuk memberikan visa jamaah Suriah.”

Duta Besar Saudi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan arahan langsung dari Penjaga Dua Tanah Haram, yang menaruh perhatian penting terhadap warga Suriah.

Sebelumnya, demikian dilansir Islammemo (18/10/12), rezim Bashar Al-Assad di Suriah telah mengumumkan bahwa pemerintahnya menghentikan pelaksanaan ibadah haji untuk tahun ini, dengan alasan bahwa Suriah tidak akan mampu melaksanakan ibadah haji di tahun ini.

Menurut para pengamat, hal tersebut dilakukan rezim Suriah sebagai salah satu hukuman terhadap rakyatnya yang menuntut revolusi dan ingin menjatuhkan rezim Al-Assad.*