Israel, Negara Pembawa Kehancuran

Islampos.com – LEMBAGA Qatar, Pusat Studi Penelitian dan Politik milik Arab, melakukan survey pendapat dari orang-orang yang tinggal di dunia Arab mengenai negara mana yang menimbulkan ancaman terbesar bagi negara mereka.

Dari survey yang dilakukan sejak 15 Juli sampai 10 September terhadap 16.173 orang yang tinggal di 12 negara Arab, lembaga Qatar menyimpulkan bahwa Israel lah negara yang paling mengancam keamanan negara mereka. Pernyataan ini dipublikasikan pada tanggal 8 Oktober. Dua belas negara Arab yang disurvey adalah Yordania, Aljazair, Tunisia, Arab Saudi, Sudan, Irak, Maroko, Yaman, Palestina, Lebanon, Mesir, dan Mauritania.

Menurut survey pendapat ini, 35 persen mengatakan bahwa Israel adalah ancaman terbesar bagi negara mereka dan wilayah. Selain itu 14 persen memandang Amerika Serikat sebagai ancaman utama terhadap bangsa mereka, lainnya 12 persen mengatakan negara-negara Arab tetangga lah yang lebih berbahaya.

Negara-negara lain seperti Turki, Perancis, dan Spanyol merupakan perhatian utama dari 10 persen responden, dan sekitar 29 persen mengatakan mereka tidak tahu negara menimbulkan ancaman terbesar bagi negara mereka. [ns/pt]