Der Spiegel: Kapal Kargo Jerman Membawa Senjata Iran ke Suriah

ERAMUSLIM.COM – Sebuah kapal Jerman membawa senjata Iran dihentikan di Mediterania pada Sabtu lalu, menurut sebuah laporan oleh majalah Der Spiegel Jerman.

Kapal dengan berat 6.200 ton, membawa senjata dan amunisi untuk Tartus, Suriah dengan tujuan mempersenjatai pasukan Presiden Bashar Assad, kata laporan tersebut.

Kapal berlabuh beberapa hari lalu di Djibouti di Tanduk Afrika, di mana kapal ini sarat dengan senjata yang dipasok oleh sebuah kapal kargo Iran.

Kapal itu diidentifikasi oleh para pembelot Suriah, yang telah dihubungi perusahaan pelayaran Jerman. Perusahaan kapal kemudian memerintahkan kapal untuk mengubah arah, dan mulai menuju Turki yang akhirnya dihentikan 80 kilometer sebelah barat daya Tartus.

Pemerintah Jerman mengatakan pihaknya sedang menyelidiki laporan ini, dan Kementerian Ekonomi mengatakan mereka sedang “menyelidiki apakah kapal berusaha memecahkan embargo terhadap Suriah.”

Jerman sendiri telah menjadi pendukung kuat sanksi terhadap Suriah di tengah tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah Presiden Bashar Assad terhadap pemberontakan di negara itu. 27-negara Uni Eropa telah memberlakukan embargo senjata terhadap pemerintahan Assad. (fq/fayyadh)