Qardhawi Minta Arab Saudi Izinkan Wanita Mengemudi

ALISLAMU.COM – Syekh Yusuf Al-Qardhawi, ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional meminta kerajaan Arab Saudi, khususnya Raja Abdullah bin Abdul Aziz untuk mengizinkan kaum wanita mengemudikan kendaraan sendiri.

Situs web Syekh Qardhawi menyebutkan bahwa Qardhawi telah mengirim surat kepada Raja Abdullah bin Abdul Aziz yang meminta supaya wanita muslim di Saudi diberikan haknya dan membolehkan mereka untuk mencalonkan diri menjadi anggota dewan kota dan daerah atau Dewan Syura.

Qardhawi mengatakan dalam suratnya, “Saya mengucapkan selamat untuk anda, ini adalah bentuk penghargaan dan ekspresi sukacita saya atas berbagai keputusan anda, saya mengharap kepada Allah supaya negara anda yang terhormat ini mengizinkan wanita melatih diri mereka menjadi pemimpin dan mengizinkan mereka mengemudikan mobil dengan tetap mematuhi syari’at seperti di negara Muslim lainnya.

Ia menambahkan, “Yang mulia raja, sesungguhnya yang haram adalah apa yang diharamkan Allah di dalam Kitab-Nya, atau yang disampaikan melalui lisan Rasulullah, begitu juga yang halal.

Dalam suratnya Qardhawi mengatakan bahwa asal dari segala sesuatu adalah halal selama tidak terdapat nash sharih yang mengharamkannya (seperti wanita mengemudikan mobil), dan Allah telah memberi kemudahan kepada umat Islam, Allah juga menghalalkan untuk umat Islam apa yang tidak dihalalkan untuk umat terdahulu.

Situs ini menyebutkan bahwa Syekh Qardhawi telah menerima surat dari raja, yang berterima kasih atas surat Qardhawi tersebut kepadanya, yang menghargai upaya Syekh Abdullah dalam mendukung peran wanita Muslim di masyarakat dan dalam kehidupan politik sesuai dengan aturan Islam. (Arbi)