Pemerintah Iran Tahan Para Ulama Sunni

Peperangan antara kaum Sunni dengan pemerintah Syi’ah di provinsi Balochistan, Iran semakin memanas. Pemerintah Iran terus menekan para aktivis dan ulama Sunni di provinsi itu. Peristiwa berdarah antara jundullah (aktivis Sunni) dengan pemerintah Syi’ah pun sering terjadi pada beberapa tahun terakhir.

Menurut kantor berita Ohoran News, Selasa (02/11), militer Iran akan melakukan penangkapan terhadap Hafidz Ismail Mulazahi dan ulama senior Sunni di provinsi Balochistan, Maulana Abdul Hamid.

Pada beberapa pekan terakhir, tekanan terhadap ulama Sunni memang kian meningkat. Pemerintah Iran melarang Maulana Abdul Hamid berpergian, sementara saudaranya, Abdul ‘Ulum Syah, telah lebih dulu ditangkap.

Di bandara Thahran, pemerintah Iran juga telah melarang dosen hadits di salah satu universitas milik kaum Sunni, DR. Ubaidillah, dari berpergian. Larangan itu juga dikenakan kepada Maulana Utsman, seorang direktur di sekolah Madinatul ‘Ulum.

Menurut laporan terakhir, Kemarin pagi, Selasa (02/11) pemerintah Iran telah menangkap Hafidz Ismail Mulazahi dan membawanya ketempat yang belum diketahui, sebagaimana dilansir oleh alarabiya.net, Rabu (03/11). (aby/Fani)