700 Ribu Siswa Muslim Jerman Terancam Tidak Mendapatkan Pelajaran Agama Islam di Sekolah

Sedikitnya 700 ribu siswa muslim dan muslimah terancam tidak mendapatkan pelajaran agama Islam di sekolah mereka, karena Jerman tidak mengakui agama Islam sebagai agama resmi.

Surat kabar Turki, Milli, Rabu (26/10), menyatakan, Jerman masih terus mencari solusi permasalahan yang sedang dialami para siswa dari ummat Islam. Jerman berupaya supaya mereka mendapatkan hak untuk mempelajari agama Islam, minimal di sekolah tingkat dasar. Upaya itu terus dilakukan karena siswa pemeluk agama lain juga memperoleh pelajaran agama mereka di sekolah.

Konstitusi Federal

Berdasarkan konstitusi Jerman pasal 7 yang berhubungan dengan pembelajaran agama, diberikan hak untuk melaksanakan pendidikan agama dan ritual agama di bawah naungan organisasi agama. Untuk itu, ummat Islam Jerman -di bawah naungan Lembaga Tertinggi Ummat Islam- terus memperjuangkan pembelajaran agama Islam di sekolah-sekolah.

Pembelajaran agama Islam besar kemungkinan akan diterapkan di sekolah-sekolah di beberapa wilayah Jerman tanpa syarat, seperti di Berlin, Berndnberg dan Bremen. Bahkan, menteri pendidikan telah memberi izin ke sekolah-sekolah di Hessen untuk memberlakukan jam pembelajaran agama Islam. Wilayah ini patut dijadikan contoh bagi wilayah lainnya.

Islam adalah bagian dari masyarakat Jerman

“Agama Islam merupakan bagian dari masyarakat Jerman, seperti halnya agama Kristen dan Yahudi,” ujar Presiden Jerman, Christian Wulff.

Berdasarkan penelitian tahun lalu, jumlah kaum muslimin sedikitnya mencapai 4,3 juta jiwa. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang jumlah kaum muslimin hanya berkisar 3 juta jiwa. Dengan demikian, jumlah ummat Islam di Jerman sekitar 5% dari jumlah keseluruhan penduduk Jerman, seperti yang dilansir oleh media Islam, Islammemo.cc.

98% dari ummat Islam banyak hidup di Jerman Bagian Barat di samping Ibukota Berlin, dan hanya sekitar 2% saja dari ummat Islam Jerman yang tinggal di Jerman Bagian Timur. (ism/Fani)