Kematian Pasukan AS Di Afghanistan Catat Rekor Di Tahun 2010

Jumlah tentara Amerika tewas dalam perang Afghanistan pada tahun 2010 menjadi rekor tahunan tertinggi sejak perang meledak sembilan tahun yang lalu, begitu menurut hitungan AFP Rabu (1/9) kemarin. Sebanyak 323 tentara AS telah tewas dalam perang Afghanistan hanya untuk tahun ini saja. Dan kemungkinan bertambahnya masih akan terbuka lebar, sehubungan dengan masih berjalannya invasi pasukan AS di Afghanistan. Padahal tahun 2009, secara keseluruhan tentara yang tewas hanya 317 orang. Pasukan asing mengalami lonjakan angka kematian yang suram di bulan terakhir ini seiring dengan perjuangna Taliban yang semakin lebih intensif. Hari Rabu kemarin, NATO menyatakan bahwa seorang tentara AS tewas.

Sebanyak 80 prajurit internasional tewas dalam perang Afghanistan bulan lalu, 56 dari mereka orang Amerika.

Secara keseluruhan, 1.270 tentara AS telah kehilangan nyawa mereka sejak perang dimulai di Afganistan menyusul serangan 11 September di Amerika Serikat pada tahun 2001.

Dua puluh lima orang Amerika tewas sejak hari Jumat pekan lalu.

Pemimpin militer mengatakan angka kematian ini mencerminkan tambahan pasukan ke Afghanistan, yang tentu saja akan memicu jumlah korban pula.

Jenderal perang AS di Afghanistan, David Petraeus, mengatakan hari Selasa bahwa penyebaran akan mencapai kekuatan penuh sebesar 150.000 pasukan dalam beberapa hari ini.

Icasualties.org terus-menerus memperbarui angka kematian tentara dalam pertempuran, kadang-kadang per hari atau satu minggu kemudian. (Fani/erm)