Bolehkan Berpuasa Bertepatan dengan Hari Jumat?

Jika seseorang berpuasa sehari dan berbuka sehari, lalu hari puasanya bertepatan daengan hari jum’at, bolehkah dia berpuasa?

Jawaban:

Ya, diperbolehkan seseorang jika berpuasa sehari dan berbuka sehari, kemudian puasanya bertepatan dengan hari Jum’at, Sabtu, Ahad dan sebagainya selama tidak bertepatan dengan hari yang diharamkan untuk berpuasa. Jika bertepatan dengan hari yang diharamkan di dalamnya berpuasa, maka dia wajib meninggalkan puasa. Jika seseorang telah terbiasa berpuasa sehari dan berbuka sehari, lalu hari berbukanya bertepatan dengan hari kamis dan puasanya bertepatan dengan hari Jum’at, maka boleh baginya berpuasa hari Jum’at, karena dia berpuasa di hari Jum’at bukan karena hari Jum’atnya sendiri, melainkan karena hari itu bertepatan dengan hari puasanya.

Adapun jika hari puasanya bertepatan dengan hari yang diharamkan di dalamnya berpuasa, maka dia harus meninggalkan puasa itu seperti jika hari puasanya bertepatan dengan hari raya Idul Adha atau hari Tasyriq. Seorang wanita yang berpuasa sehari dan berbuka sehari, lalu datang bulan (haid) atau nifas, maka pada saat itu dia tidak boleh berpuasa.

Sumber: Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Fatawa Arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.), hlm. 520.