Bedah Buku “Spiritual Reading”

Bekasi (alislamu.com) – Yayasan Islamic Center Al-Islam kembali mengadakan kajian umum yang bertajuk bedah buku. Buku yang di bedah kali ini adalah “Spiritual Reading” karya Dr. Raghib As-Sirjani. Acara ini digelar di Masjid Al-islam Kampung Sawah, Ahad (8/9) kemarin.

Hadir sebagai pembicara adalah Ustad Farid Ahmad Okbah, MA. dan Dr. Ahmad Zain An-Najah, MA. Kedua pembicara ini memang sudah terkenal kompeten dalam hal motivasi pendidikan Islam.

Ustad Farid mendapat giliran sebagai pembicara pertam kali ini. Pimpinan Yayasan Islamic Center Al-Islam tersebut menekankan kepada para hadirin akan pentingnya membaca. Beliau mengingatkan betapa para ualama salaf sangat membiasakan membaca dalam kesehariannya.

“Dalam sebuah riwayat tentang Ibnul Jauzi, beliau kalau sedang di kamar mandi, maka anaknya yang disuruh membacakan kitab dari luar, agar tetap dapet ilmu walau sedang di kamar mandi, ” tutur beliau.

Beliau juga menekankan para hadirin untuk meniru sifat-sifat para ulama terdahulu, yaitu jika bertemu dengan orang yang lebih faqih maka dia harus mau belajar dari orang tersebut. Jika bertemu dengan orang yang ilmunya sama, agar diajak berdiskusi. Jika bertemu dengan orang yang ilmunya lebih rendah, maka dia harus mengajarinya.

Sementara Dr. Ahmad Zain yang menjadi pembicara kedua menjelaskan bahwa kata Iqro’ (bacalah) dalam ayat tidak ada maf’ul bih (objek)nya. Menurut beliau, hal itu menunjukkan bahwa yang harus dibaca oleh umat Islam ini banyak hal. Baik ilmu-ilmu wajib seperti ilmu dien, ataupun ilmu-ilmu penunjang seperti ekonomi, sosial, biologi, dan sebagainya.

Direktur Pesantren Tinggi Al-Islam ini juga menekankan khususnya kepada mahasiswa Al-Islam untuk memperbanyak kunjungan ke perpustakaan.

“Sebagai mahasiswa nantinya harus sering ke perpustakaan melahap buku-buku yang ada, sehari membaca minimal 10 lembar, lalu yang sudah ia baca itu ditulis dalam bentuk ringkasan, ” tegas beliau.

Acara yang dihadiri ratusan orang dari sekitar Jabodetabek ini dimeriahkan dengan khutbah ta’aruf, khutbah wada’ mahasiswa Pesantren Tinggi Al-Islam, bazar dan hiburan menarik lainnya. (Fayyadh)