Persatuan Ulama Internasional: Haram Bagi Rakyat Mesir Menyambut Seruan Al Sisi

KIBLAT.NET, Doha – Pernyataan Kepala Dewan Militer Mesir, Abdul Fatah Al Sisi, pada Rabu lalu (24/7/2013), menuai banyak kecaman dari berbagai pihak. Termasuk Dewan Persatuan Ulama Muslim Internasional yang dipimpin Syaikh Qordowi.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Kamis (25/7/2013), Dewan Persatuan Ulama Muslim menyatakan, haram menyambut segala bentuk seruan yang menimbulkan perang Saudara. “Haram menyamput segala bentuk seruan yang menimbulkan perang saudara atau membangkitkan hasutan yang mengajak kekerasan atau menyebarkan fitnah. Keharaman ini telah disebutkan di dalam Al Qur’an dan As Sunnah” tulis salah satu point dari beberapa point dalam pernyataan tersebut.

Pernyataan yang ditandatangani Syaikh Qordowi tersebut mengajak seluruh warga Mesir, baik masyarakat biasa dan militer, untuk menjaga keamanan Negara Mesir. Persatuan Ulama Internasional meminta masyarakat Mesir menolak semua hal yang menimbulkan perang saudara.

Persatuan Ulama juga memperingatkan keras terhadap militer, polisi dan warga Mesir dari mengalirkan darah sesama warga Mesir. Peratuan Ulama menegaskan bahwa darah dan kehormatan sesama muslim haram untuk dinodai tanpa alasan yang Syar’i.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Persatuan Ulama Dunia, menanggapi pernyataan Jendral Abdul Fatah Al Sisi yang menyeru seluruh masyarakat Mesir untuk keluar melawan demonstran pendukung Muhammad Mursi pada Jum’at ini. Al Sisi mengatakan bahwa para demonstran pendukung Mursi adalah para ‘teroris’ yang menimbulkan kekacauan di Mesir.

“Saya minta , Jumat depan semua warga Mesir yang jujur dan dapat dipercaya harus keluar ke jalan,” seru Al Sisi saat mengisi upacara wisuda taruna militer di dekat kota Alexandria.