Donasi dari Indonesia Tanpa JIL Sampai di Suriah

JAKARTA, muslimdaily.net – Membantu saudaranya yang sedang mengalami musibah adalah sebuah kewajiban bagi orang-orang beriman, dan hal itu juga menjadi sebuah tuntutan dari sebuah ukhuwah, persaudaraan yang diikat dalam bingkai keislaman. Begitu juga dalam kasus Suriah, ribuan orang dibantai, banyak muslimah diperkosa, anak-anak disembelih dan para pemuda dipenjarakan dengan beragam penyiksaan didalamnya, membuat setiap muslim yang melihat dan mendengarnya tergerak untuk membantu. Tidak terkecuali teman-teman yang tergabung dalam #IndonesiaTanpaJIL (ITJ).

Meskipun domain mereka hanya meng-counter faham-faham aneh yang disebar oleh Jaringan Islam Liberal dengan tokohnya Ulil Abshar Abdalla, tapi melihat keadaan saudara-saudara muslim mereka di Suriah yang sangat membutuhkan bantuan, mereka pun akhirnya keluar jalur, dan menggalang aksi solidaritas mengumpulkan donasi untuk rakyat Suriah.

Dimulai dari yang kecil, itulah yang dilakukan teman-teman di ITJ. Tepatnya tanggal 21 Desember 2012, dengan berbekal informasi yang dibuat oleh relawan Hilal Ahmar Society (HASI), mereka ikut menyebarkan informasi terkait tragedi di Suriah, melalui jejaring sosial mereka merambah ‘pasar’ yang lebih luas, tujuannya adalah agar sebanyak mungkin umat islam mengetahui dan tergerak untuk membantunya. Dengan harapan, banyak bantuan yang dapat disalurkan untuk rakyat Suriah. Tidak lupa, mereka menyertakan juga rekening donasi untuk rakyat Suriah.

Beberapa event pun mereka selenggarakan, diantaranya Ngamen Peduli Suriah yang diadakan oleh ITJ Bogor, kemudian dikampus BSI dengan tema Islam Yes! Liberal No! yang didalamnya disisipkan dukungan terhadap Rakyat Suriah, dan di Universitas Negeri Jakarta yang diadakan oleh ITJ Jakarta.

Terakhir adalah acara puncak yang diadakan sebulan setelah dibukanya dukungan terhadap rakyat Suriah ini, tepatnya 27 Januari 2013 di Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, yang dihadiri langsung oleh Syaikh Muhammad Al Khatib, seorang dosen yang telah lama mengajar di Indonesia, asli Suriah dan baru kembali dari kampung halamannya, untuk melihat langsung tentang apa yang berlaku di Suriah, dan ini menjadi informasi berharga bagi teman-teman yang hadir saat itu.

Sebulan sudah #ITJ Peduli Suriah menggalang aksi solidaritas untuk rakyat Suriah, dan hingga acara puncak di DDII tersebut, mereka berhasil menggalang dana sebesar Rp. 67.500.000,- + 5gr Logam mulia dan Handphone. Dana yang ada segera diberikan kepada HASI yang pada saat bersamaan yaitu malam hari tanggal 27 Januari 2012 memberangkatkan tim kelima. Semoga usaha teman-teman semua mendapat balasan yang setimpal disisi Allah dan kelak menjadi pemberat timbangan kebajikan. Amin. (has)

Ket. Gambar: Relawan HASI mewakili rekan-rekan #ITJ mnyampaikan amanah bantuan dari #ITJPeduliSuriah