Surah an-Naazi’aat

Ayat 12, yaitu firman Allah ta’ala,

“Mereka berkata: “Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan”” (an-Naazi’aat: 12)

Sebab Turunnya Ayat

Said bin Manshur meriwayatkan dari Muhammad bin Ka’ab yang berkata, “Tatkala turun ayat 10 ‘(Orang-orang kafir) berkata, “Apakah kita benar-benar akan dikembalikan kepada kehidupan yang semula? Orang-orang kafir Quraisy berkata, ‘Sekiranya kita dihidupkan kembali setelah mati maka kita sungguh-sungguh akan berada dalam kerugian.’ Allah lalu menurunkan ayat ini.” (513)

Ayat 42, yaitu firman Allah ta’ala,

“Mereka (orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat,””Kapankah terjadinya?”‘ (an-Naazi’aat: 42)

Sebab Turunnya Ayat

Al-Hakim dan Ibnu Jarir meriwayatkan dari Aisyah yang berkata, “Rasulullah sering ditanya tentang kapan terjadinya hari kiamat hingga turunlah ayat,

“Mereka (orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat,””Kapankah terjadinya?” Untuk apa engkau perlu menyebutkannya (waktunya)? Kepada Tuhanmulah (dikembalikan) kesudahannya (ketentuan waktunya).”” (an-Naazi’aat: 42-44)

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Juwaibir adh-Dhahak dari Ibnu Abbas bahwa orang-orang musyrik Mekah sering bertanya kepada Rasulullah, dalam rangka mengejek, “Kapan terjadinya kiamat itu?” Allah lantas menurunkan ayat ini hingga akhir surah.

Imam ath-Thabrani dan Ibnu Jarir meriwayatkan dari Thariq bin Syihab yang berkata, “Rasulullah seringkali menyinggung permasalahan hari kiamat hingga turunlah ayat,

‘Untuk apa engkau perlu menyebutkannya (waktunya)? Kepada Tuhanmulah (dikembalikan) kesudahannya (ketentuan waktunya).”” (an-Naazi’aat: 43-44)

Ibnu Abi Hatim juga meriwayatkan hal senada dari Urwah.

513. Mustadrak al-Hakim, Jilid 1, hlm. 5. Imam al-Hakim berkata, “Hadits ini shahih; sesuai dengan persyaratan Bukhari dan Muslim, tetapi tidak diriwayatkan oleh keduanya.”

Sumber: Diadaptasi dari Jalaluddin As-Suyuthi, Lubaabun Nuquul fii Asbaabin Nuzuul, atau Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an, terj. Tim Abdul Hayyie (Gema Insani), hlm. 613 – 614.