Menag: Penyelenggaraan Haji Berjalan dengan Baik

Menteri Agama yang juga Amirul Haj Suryadharma Ali menilai penyelenggaraan haji tahun ini telah berjalan dengan baik, walau diakui masih terdapat masalah. “Karena bagiamanpun baiknya penyelenggaraan haji, tetap saja akan memunculkan masalah,” ujarnya ketika mengadakan silaturahmi dengan Tim Peliput Haji Media Cetrer Haji (MCH) 1431 H di Holidiah, Mekkah, Jumat (19/11) malam.

Menurut Amirul Haj Suryadharma Ali, melayani 200 ribu lebih jamaah haji, dengan latar belakang yang berbeda baik dari segi usia, suku, budaya, dan kebiasaan, memang bukan pekerjaan yang mudah dan sederhana. “Tapi kami tetap berupaya sekuat tenaga untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada jemaah haji,” ucapnya.

Hadir pada silaturahmi tersebut, Naib Amirul Haj KH.Hasyim Muzadi, KH.Muhammad Muqodas, Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, Dirjen PHU Slamet Riyanto, Dubes RI untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman Gatot Abdullah Mansyur, Ketua PPIH Arab Saudi Syairozi Dimyathi, dan sejumlah pejabat Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan.

Dalam hal layanan pemondokan, kata Menag Suryadharma Ali, terdapat peningkatan yang cukup menonjol. Pada tahun ini, pondokan yang berada di ring I sebanyak 63 , sisanya 37 berada di ring II. “Tahun depan saya berharap pondokan jamaah yang berada di ring I meningkat menjadi 80 %,” harapnya.

Menag Suryadharma Ali mengatakan, para wartawan peliput haji telah melihat sendiri bagaimana para petugas telah bekerja keras untuk melayani jemaah haji, bahkan tak kenal waktu, pagi, siang maupun malam.

Menag Suryadharma Ali selaku Amirul Haj menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada para wartawan yang tergabung dalam Tim MCH yang telah membantu memberikan layanan informasi haji kepada masyarakat .

Kementerian Agama dalam hal ini PPIH, senantiasa terbuka, tidak ada yang ditutu-tutupi dalam hal penyelenggaraan haji. “Silakan wartawan menyampaikan saran, kritik dan masukan untuk perbaikan penyelenggaraan haji,” harapnya. (rpb/Fani)