PBB: Jumlah Pengungsi di Dunia Capai 27 Juta Jiwa

ImageMenurut laporan PBB, Senin (17/5), bertambahnya jumlah para pengungsi di dunia sudah sangat memprihatinkan. Pasalnya, Pakistan yang berpenduduk mayoritas muslim berada pada urutan pertama sebagai negara yang jumlah pengungsinya paling banyak.   Berdasarkan survei PBB, jumlah para pengungsi di dunia sedikitnya mencapai 27 juta jiwa. Ini merupakan jumlah tertinggi sejaka tahun sembilan puluhan lalu.
  Pakistan yang dihuni oleh sedikitnya 170 juta jiwa, 3 juta diantara mereka menjadi pengungsi. Jumlah ini merupakan angka tertinggi di dunia, tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah pengungsi negara Kongo yang berada di urutan kedua.

Meningkatnya jumlah para pengungsi di dunia, semakin meningkat pula para pengungsi yang terlantar, kelaparan dan tidak mendapat bantuan, terutama para pengungsi yang pergi ke negara lain.   Adapun sebab melambungnya jumlah para pengungsi  tersebut, menurut laporan PBB dikarenakan meningkatnya konflik dan agresi militer di negara-negara tersebut.   Selain Pakistan dan Kongo, ada beberapa negara lain yang jumlah pengungsinya juga cukupt tinggi. Diantaranya adalah Sudan dengan 530 ribu pengungsi, dan 390 diantaranya berasal dari Selatan Sudan. Kemudian Filipina dan Somalia dengan 400 ribu pengungsi, Kolombia dengan 290 ribu pengungsi, Srilangka 280 ribu pengungsi, Ethiopia dengan 200 ribu pengungsi, dan Yaman dengan 150 ribu pengungsi.   Selain itu, PBB juga melaporkan bahwa para pengungsi di dunia mayoritas berasal dari benua Afrika, yaitu dengan jumlah pengungsi 11,6 juta pengungsi dari 21 negara. Adapun di benua Asia Timur, beberapa tahun terkahir jumlah pengungsinya mencapai 4,4 juta pengungsi. (aby/Fani)