Pidato Erdogan Kecam Serangan Militer Mesir Terhadap Masjid Al Fath

KIBLAT.NET, Ankara – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan kecaman keras terhadap Militer Mesir dan Baltagi (preman) bayaran yang menyerang secara brutal pada Sabtu (17/8) Masjid Al-Fath di kawasan Ramses, Kairo. Mereka menyemprotkan gas air mata ke dalam Masjid Al-Fath, tempat para pendukung Mursi berlindung setelah aksi kekerasan pasukan keamanan di Ramses Square.

Berikut ini isi pidato Erdogan yang ditulis dan oleh seorang pelajar Indonesia di Turki bernama Arya Sandhi Yudha melalui akun twitternya. Transkrip pidato ini disebar luas melalui broadcast Blackberry Mesenger dan social media lainnya pada minggu,( 1/8/2013). Silahkan simak:

Sekarang kita tuit ‘speech’ Erdogan terkait situasi trbaru: militer Mesir yabg masuk ke Masjid Al-Fath menembaki dan membunuhi demonstran.

Erdogan: Mereka yang gulingkan pemerintah sah di Mesir dan telah abaikan suara rakyat, kini mulai membantai rakyat mereka sendiri.

Erdogan: Ribuan warga Mesir berjalan menuju syahid berhadapan dengan tank para pelaku kudeta militer.

Erdogan: Anda bisa nonton TV (live). Seorang Mesir berdiri di depan tank, tanpa ada batu di tangannya. Tapi dia tetap ditembak.

Erdogan: (Anda paham?) Tidak ada yangg membantu pemerintah Mesir saat Mursi 1 tahun berkuasa. Baik Barat maupun Arab Teluk.

Erdogan: Kini. $16 Miliar bantuan dikirim segera oleh negara2 ArabTeluk bagi pemerintah kudeta. Kenapa semunafik itu? Mau sampai kapan?

Erdogan: Mereka (negara-negara ArabTeluk) yang kirim bantuan $ 16 miliar kepada pemerintah kudeta di Mesir adalah mitra kudeta.

Erdogan: Jumlah martir yang dibantai kemarin dan hari ini (di Ramses Square) sudah 600 jiwa. Mereka menembakinya di tempat ibadah selama berminggu-minggu.

Erdogan: Mereka membunuh 53 saudara Mesir kami saat mereka melakukan shalat subuh. Muslim macam apa ini?

Erdogan: Mereka tanpa ampun membunuhi anak-anak, perempuan, dan membakar rumah sakit.

Erdogan: Saya mengutuk semua serangan (militer) terhadap masjid dan gereja.

Erdogan: Muslim Brotherhood is protecting churches. But those “well-known Gezi media” (Western media) say 30 churches were burned.

Erdogan: They also burned our mosques in Syria and Egypt. Bashar or Sisi, they have no difference.

Erdogan: Kebuasan di Mesir mungkin juga dilakukan di negara lain, mungkin “mereka” inginkan kekacauan di Turki juga.

Erdogan: Sebab mereka tak ingin Turki digdaya di kawasan ini. Saudara-saudaraku, kita akan gagalkan semua rencana itu dengan kesabaran.

Erdogan: Mari doakan Suriah dan Mesir. 100.000 rakyat Suriah juga telah dibunuh diktator di Suriah.