Pendeta Dinyatakan Bersalah Karena Culik Gadis

Seorang pendeta jalanan dinyatakan bersalah karena telah menculik seorang gadis berusia 14 tahun dan memperkosanya selama sembilan bulan bersamanya. Keputusan itu dijatuhkan setelah hakim menolak pembelaan dirinya.

Hakim melakukan pertimbangan selama lima jam sebelum akhirnya menyatakan Brian David Mitchell bersalah. Mitchell telah mengaku sebagai nabi dan menculik Elizabeth Smart pada Juni 2002.

Pengacara Mitchell memberikan argumen bahwa Mitchell tidak sehat secara mental ketika itu. Argumen ini diberikan untuk melepaskan kliennya dari hukuman. Mitchell seringkali terlihat bernyanyi sendiri selama proses pengadilan berlangsung. Namun para hakim akhirnya memutuskan dia cukup sehat untuk diserahi tanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya.

Pria ini dinyatakan bersalah karena telah menculik Smart saat dia masih remaja dan membawanya pergi jauh dari tempat tinggalnya untuk diajak berhubungan intim.

Seperti dilansir AFP pada Sabtu (11/12/201), Smart yang saat ini sudah berusia 23 tahun menjadi saksi selama tiga hari pengadilan. Dia juga menyaksikan proses persidangan dan tersenyum ketika vonis bersalah dijatuhkan.

Mitchell akan menjalani hukuman mulai 25 Mei dan harus menjalani hidup di penjara atas tuduhan penculikan. Kasus ini sempat menjadi topik utama di dunia pada 2003 ketika Smart baru dilepaskan. (okz/Fani)