(4) Cara Mendownload Kajian-Kajian di Alislamu.com

Kasus pertama, misalnya Anda ingin mendownload satu kajian. Caranya, buka www.alislamu.com. Setelah muncul halaman situsnya, klik judul yang ingin Anda download, misalnya dalam hal ini Anda ingin mendownload Kajian Aqidah Ust. Farid Okbah, klik saja judul yang ada, misalnya seperti pada gambar berikut ini.

Pada Kajian Aqidah, Anda klik judul “Poin Ke-199 Tentang Pentingnya Hubungan dengan Allah”, maka Anda akan masuk ke halaman berikut:

Lihat yang diberi tanda kotak, itu adalah untuk mempreview audio (menyetel audio, dicoba dulu ada suaranya atau tidak). Kemudian, lihat yang dilingkari, itu adalah fasilitas untuk mendownload. Klik saja bagian yang dilingkari tersebut untuk mendownload! Jika Anda sudah menginstal software “Free Download Manajer”, otomatis akan muncul jendela sbb:

Jika muncul jendela seperti ini, atur penempatan file audio, Anda ingin menempatkan pada folder mana. Misalnya seperti di atas, yaitu di “Desktop”. Sehingga, nanti jika sudah selesai download, otomatis file-nya berada di desktop. Setelah itu klik “Ok”. Maka, akan terjadi proses seperti ini.

Proses download sudah mencapai 3% (817 KB).
Kecepatan download 27,8 KB/s.
Waktu download sekitar 12,44 menit lagi.

Tunggu saja sampai selesai (100%). Jika sudah selesai, otomatis file audionya berada di “Desktop”.

Kasus yang kedua, yaitu mendownload beberapa kajian. Misalnya Anda ingin mendownload tiga kajian. Caranya adalah sebagai berikut. Buka www.alislamu.com. Cari judul kajian yang ingin Anda download, dalam hal ini misalnya pertama Anda ingin mendownload kajian berjudul “Menilai ESQ 165 oleh Ust. Farid Okbah di Hadapan Mufti Malaysia”, “Memikirkan Gerakan Dakwah Islam Jangka Panjang di Indonesia”, dan kajian aqidah “Poin Ke-198 Ketaatan Kepada Allah Akan Menyelamatkan Manusia di Dunia dan Akhirat”.

1. Klik judul yang dilingkari seperti gambar di atas, “Menila ESQ 165”, maka akan masuk ke halaman “Menilai ESQ 165 Oleh Ust. Farid Okbah di Hadapan Mufti Malaysia”, lihat bagian bawah halaman ini seperti terlihat berikut:

2. Kemudian, klik bagian yang dilingkari untuk mendownload kajian tersebut, maka akan masuk ke halaman berikut.

3. Anda copy saja langsung alamat link yang telah muncul (lihat yang dilingkari warna merah), kemudian beralih ke Free Download Manajer, Anda klik Add (tanda plus yang dilingkari warna merah) seperti gambar berikut:

Maka, akan muncul jendela “Add download” seperti berikut.

4. Link yang Anda dapatkan tadi di-paste di kotak “URL” (lihat no.1). Save to folder (no. 2) pilih saja folder sesuka Anda (misalnya dalam hal ini disimpan di Desktop). Kemudian pilih “Schedule” (lihat no. 3), kemudian klik yang dilingkari nomor 4, maka akan muncul jendela schedule. Pada tab Start Time pilih “On event” (lihat no 5), pada kotak pilihan pilih saja “When done (all completed or in error), kemudian klik “Aply” (nomor 7), klik “Ok”, kemudian klik “Ok” lagi pada jendela Add download, maka hasilnya sbb:

5. Anda klik yang dilingkari warna merah no 1, kemudian klik yang dilingkari warna merah no. 2. Maka, akan terjadi proses download seperti berikut.

Itu baru download satu file. Sekarang Anda download file yang kedua, caranya adalah sama seperti di atas. Bedanya hanya pada mengeklik judul kajian yang lain. Cari link-nya terlebih dahulu, kemudian paste di kotak isian URL Free Download Manajer, kemudian pilih lagi opsi “Schedule”, atur dan kerjakan seperti di atas dari mulai langkah nomor 1 sampai 5. Jika langkah Anda benar, hasilnya seperti ini:

Lihat, ada tiga file yang akan didownload dalam hal ini. File nomor 1 ada tanda centang. Ini menunjukkan bahwa file tersebut sedang didownload. File nomor 2 dan 3 ditandai kotak, menunjukkan menunggu giliran untuk didownload. Sampai pada keadaan ini, Anda bisa meninggalkan komputer untuk suatu keperluan. Selanjutnya komputer akan bekerja dengan sendirinya selama komputer masih menyala dan koneksi internet masih konek. Jika file no.1 sudah selesai didownload, maka software ini otomatis akan mengerjakan download pada file nomor berikutnya. Dan seterusnya sampai selesai terdownload.

Anda juga bisa mengatur seberapa banyak kajian yang akan didownload, terserah. Selamat bekerja dan berjuang di jalan Islam!

Redaksi Alislamu

Abu Annisa

Lihat Tutorial Lainnya …