Pernyataan para sahabat tentang bid’ah dan pelakunya

Diriwayatkan oleh Ibnu Mubarak, ia berkata, “Demi Allah, apabila kalian tetap mengikuti jalan yang lurus, maka kalian akan mendahului orang yang telah mendahului kalian.” (Al Hadits).

Diriwayatkan oleh Ibnu Mubarak, ia berkata, “Ia mengambil dua batu dan meletakkan salah satu batu tersebut di atas batu yang satunya lagi. Kemudian ia bertanya kepada para sahabatnya, ‘Apakah kamu melihat cahaya di antara kedua batu ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Abu Abdullah, sesungguhnya kami hanya melihat sedikit cahaya di antara keduanya.’ Ia berkata, ‘Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, pasti akan timbul bid’ah, sehingga kebenaran tidak terlihat kecuali sebesar cahaya yang keluar di antara kedua batu ini. Demi Allah! mereka akan menyebarkan bid’ah sehingga tatkala mereka meninggalkan sesuatu darinya mereka berkata, “Aku telah meninggalkan Sunnah.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Mubarak, ia berkata, “Pertama kali yang hilang dari agama kalian adalah amanat, dan yang terakhir adalah shalat. Kemudian kehormatan Islam dilanggar satu demi satu dan wanita- wanita kalian digauli ketika sedang dalam keadaan haid. Jalan orang- orang yang sebelum kalian akan diikutinya bagaikan anak panah dengan busurnya dan bagaikan sandal dengan pasangannya. Kalian tidak menyalahkan jalan mereka dan mereka juga tidak menyalahkan kalian, sehingga tersisa dua kelompok dari beberapa kelompok yang banyak. Kemudian salah satu dari dua kelompok tersebut berkata, ‘Apa gerangan dengan shalat lima waktu? Sesungguhnya orang-orang yang sebelum kita telah sesat dan Allah hanya berfirman, “Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi slang (pagi dan petang) dan pada bag/an permulaan daripada ma/am.” (Qs. Huud [11] : 114). Jadi, janganlah kalian mendirikan shalat kecuali tiga waktu tersebut”.’ Kelompok yang lain berkata, ‘Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah bagaikan berimannya para malaikat, tidak terdapat padanya orang-orang kafir atau orang-orang munafik.’ Pasti Allah akan mengumpulkan kedua golongan tersebut bersama Dajjal.”

Pengertian tersebut sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Raff dari Nabi SAW, beliau bersabda,

“Akan kalian dapatkan salah seorang diantara kalian yang duduk di atas sofanya, kemudian datang kepadanya perkara dan perkara-perkara yang telah aku perintahkan atau yang telah aku larang, lalu ia berkata, ‘Aku tidak tahu, aku tidak tahu. Apa yang kami dapatkan di dalam kitab Allah kami mengikutinya, karena Sunnah diturunkan untuk menjelaskan Al Qur’an, dan orang yang mengambil Al Qur’an tanpa ada pengetahuan tentang Sunnah, pasti akan tergelincir dari Al Qur’an, sebagaimana ia tergelincirnya dari Sunnah.”

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud RA, ia berkata, “Ikutilah peninggalan- peninggalan kami dan janganlah kalian berbuat bid’ah karena —ajaran- ajaran— telah dicukupkan bagimu.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Wahhab, ia berkata, “Wahai sekalian manusia, janganlah kalian berbuat bid’ah, memutarbalikkan pembicaraan, dan berlebihan dalam berhujjah. Hendaknya kalian berpegang teguh pada ajaran yang mulia serta tinggalkanlah hal-hal yang kalian ingkari.”

Diriwayatkan —secara marfu’— dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,

“Amal perbuatan yang sedikit namun sesuai dengan Sunnah lebih baik daripada perbuatan yang banyak namun mengikuti bid’ah.”

Diriwayatkan dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA, ia berkata, “Aku tidak meninggalkan sesuatu yang telah dikerjakan Rasulullah SAW melainkan aku mengerjakannya, karena aku takut apabila aku meninggalkan suatu perintah dari Rasulullah maka aku akan tersesat.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Mubarak dan yang lain dari Ubai bin Ka’ab, ia berkata, “Hendaklah kalian mengikuti jalan yang lurus dan Sunnah, karena tidak ada seorang hamba yang mengikuti jalan yang lurus dan Sunnah di atas bumi ini kemudian disebutkan nama Allah dan kedua matanya menangis karena takut kepada Allah, lalu Allah mengadzabnya selama-lamanya. Tidaklah ada seorang hamba yang mengikuti jalan yang lurus dan Sunnah di atas bumi serta mengingat Allah pada dirinya, lalu kulitnya tergetar karena takut kepada Allah kecuali perumpamaannya bagaikan pohon yang telah mengering daun-daunnya. Kemudian tetap demikian kondisinya tatkala angin berhembus dengan kencang sehingga berguguran daun-daun dari pohon tersebut, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya seperti bergugurannya daun-daun dari pohon tersebut. Sesungguhnya mengikuti jalan yang lurus dan Sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh beramal dalam perkara yang bertentangan dengan jalan Allah dan Sunnah. Perhatikanlah hal itu dengan baik! Hendaknya amal, usaha yang sungguh-sungguh, dan tujuan dari perbuatanmu, berada di atas ajaran dan Sunnah para nabi.”

Dan masih banyak riwayat-riwayat dari para salafus sholih tentang sikap mereka terhadap bid’ah dan pelakunya.

 

Sumber: Al-I’tisham karya Imam Asy-Syatibi