Ratusan Ekstrimis Budha Serang Masjid dan Sekolah Islam di Barat Myanmar

KIBLAT.NET, Arakan – Penyerangan terhadap umat muslim Rohingnya kembali terjadi di Arakan, Myanmar. Sebuah masjid dan sekolah Islam di kota Kookov, Arakan, dihancurkan oleh ektrimis Budha, sesaat setelah delegasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengunjungi kota yang terletak di barat Myanmar tersebut.

Menurut saksi mata, sebagaimana dilansir Islammemo.cc, Selasa (19/11), sekitar 600 ektrimis Budha ikut serta dalam pengrusakan itu. Mereka mengatakan, penyebab utama penyerangan yang terjadi Rabu lalu itu (18/11) adalah kunjungan delegasi OKI ke Arakan. “Kehormatan masjid telah dikotori dan diinjak-injak oleh ekstrimis Bubdha” tutur mereka.

Beberapa saat setelah penyerangan, tentara pemerintah tiba dilokasi dan semakin menambah para situasi. Mereka seakan membiarkan dan melindungi pengrusakan yang dilakukan oleh para ektrimis Budha.

“Menara masjid hancur dan sebagian bangunan masjid lainnya serta sekolah Islam juga hancur” tambah sejumlah saksi mata tersebut.

Perlu diketahui, masjid tersebut merupakan masjid satu-satunya masih berdiri kokoh setelah ekstrimis Budha melancarkan serangan seporadis pada Oktober 2012 silam.

Sebagaimana diberitakan, delegasi OKI Rabu lalu tiba di Myanmar dalam kunjungannya untuk membahas wabah kekerasan terbaru terhadap umat Islam di negara yang dulunya bernama Burma tersebut. Warga muslim Arakan yang selama ini jauh dari perhatian umat muslim internasional merasa senang dengan kehadiran delogasi organisasi Islam Internasional tersebut.

Selama kunjungannya, delegasi yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, itu juga menggelar pertemuan dengan pejabat pemerintah dan anggota legislatif dari negara bagian barat Rakhine untuk membahas nasib muslim Arakan. [hunef]