Pemimpin Syiah Iran Serukan Rakyat Iran Perbanyak Anak

Islampos.com – PEMIMPIN tertinggi Syiah Iran Ali Khamenei – yang belum pernah terlihat di depan umum selama lebih dari tiga minggu – telah mengeluarkan pesan yang mendesak rakyat Iran untuk memproduksi lebih banyak bayi, yang menurutnya sangat penting bagi masa depan Republik Syiah Iran.

“Anak-anak muda merupakan isu penting bagi Iran dan bagi negara-negara yang telah menghadapi populasi yang semakin menua,” kata Ayatollah Khamenei dalam pesannya yang ditujukan kepada konferensi nasional perubahan populasi, kantor berita IRNA melaporkan pada hari Kamis lalu.

“Hal ini sangat diperlukan, karena itu harus dilakukan pekerjaan penting dan ilmiah untuk mengatasi masalah ini,” tambah Khamenei.

“Kami selalu bertanya-tanya bagaimana kita hidup jika kita memiliki empat atau lima anak, kita juga harus berpikir bahwa jika kita memiliki empat atau lima anak-anak dan jika mereka dapat menemukan pekerjaan maka mereka akan memberikan kontribusi pada pembangunan negara,” ujarnya.

Dia mengatakan 150 juta penduduk adalah “minimal” yang harus Iran memiliki dan kalau bisa lebih dari itu. Dia mengkritik kebijakan pemerintah selama pemerintahan reformis Muhammad Khatami yang mendorong keluarga berencana.

Mantan Presiden konservatif Mahmoud Ahmadinejad pernah memperkenalkan sebuah inisiatif di mana pemerintah akan membayar keluarga untuk setiap anak yang baru lahir dengan mendepositokan uang ke dalam rekening bank anak sampai mereka berusia 18 tahun.

Ahmadinejad menganggap keluarga berencana sebagai tindakan yang salah dengan mengatakan: “Mereka yang memunculkan gagasan keluarga berencana telah berpikir di ranah dunia sekuler”

Penduduk Iran diperkirakan mencapai 79 juta pada tahun 2013 dan sekitar setengahnya berusia sekitar 35 tahun ke atas.