Milisi Syiah Houthi Serang Distrik Sunni di Yaman Selatan

KIBLAT.NET, Dammaj – Pemberontak Syiah Houthi di selatan Yaman menyerbu daerah Sunni Dammaj di provinsi Sha’dah, dengan berbagai jenis senjata berat dan menengah. Serangan tersebut dilancarkan mulai tengah Kamis tengah malam hingga pagi hari (Jum’at, 11 Oktober).

Sebuah sumber lokal di daerah tersebut menuturkan kepada Yemen-press.com, Jum’at, serangan brutal itu mengakibatkan terbunuhnya empat pelajar di ma’had Darul Hadist Dammaj dan melukai empat lainnya.

Sumber yang tidak disebutkan namanya tersebut menambahkan bahwa milisi Syiah Huthi melakukan serangan tersebut dengan membabi buta. Mereka menembaki ma’had Darul Hadist, rumah sakit dan rumah-rumah penduduk hingga pagi menjelang. Setelah Matahari terbIt, kata sumber tersebut, milisi Syiah itu kembali ke kantong-kantong mereka. “Akan tetapi mereka terus melancarkan serangan sniper sepanjang Jum’at kemaren” pungkasnya.

Sumber itu menegaskan bahwa penduduk Dammaj berhasil menghalau serangan mereka dari berbagai sudut. Sehingga, tambahnya, mereka terkejut dengan serangan balasan yang dilancarkan pejuang Dammaj.

Situs al-madina.com menyebutkan, ambulan Palang Merah menemukan setidaknya 16 mayat anggota milisi Syiah Houthi beberapa jam setelah kedua kubuh menghentikan pertempuran.

Sebuah yang sama juga menjelaskan, milisi Syiah Houthi berusaha mengepung daerah Dammaj dari berbagai sudut. Mereka menghalangi bahan kebutuhan pokok dan obat-obatan ke daerah yang dihuni sekitar 50 ribu warga tersebut. [hunef]