Massa Buddha Lakukan Aksi Serangan, Satu Wanita Muslim Rohingya Tewas

Islampos.com – MASSA umat Budha di Myanmar bagian barat telah meluncurkan serangan pembakaran terbaru terhadap Muslim Rohingya, menewaskan seorang wanita tua dan membakar banyak rumah warga Muslim.

Pejabat polisi setempat mengatakan pada hari Selasa kemarin (1/10/2013) bahwa wanita tua itu tewas dalam bentrokan di daerah Thandwe negara bagian Rakhine barat Myanmar, menambahkan bahwa lebih dari enam lusin rumah turut dibakar juga.

“Seorang perempuan tua tewas selama bentrokan dan rumah-rumah dibakar,” media mengutip pernyataan seorang pejabat polisi setempat.

Kematian perempuan tua itu terjadi setelah lebih dari 800 perusuh ekstrimis Budha menyerang komunitas Muslim di wilayah yang bergejolak dengan aksi kekerasan.

Konflik tersebut juga datang pada saat Presiden Myanmar Thein Sein melakukan kunjungan langka ke negara bagian Rakhine.

Pekan lalu, beberapa properti Muslim Rohingya dibakar setelah terjadi perdebatan di tempat parkir di dekat rumah warga Muslim.

Sekitar 140.000 orang, sebagian besar Muslim Rohingya, telah mengungsi di negara bagian barat Rakhine. Dan lebih dari 250 orang tewas dalam beberapa ledakan kekerasan di Myanmar sejak Juni 2012.

Pemerintah Myanmar sendiri dituduh telah gagal melindungi minoritas Muslim.