Istighfarlah Solusinya

Diriwayatkan oleh seorang Ulama besar yaitu Imam Qurthubi dari Ibnu Shabih bahwa ada seorang laki-laki mengadu kepada Hasan Al-Bashri tentang kegersangan di musim kemarau, ia meminta doa dan solusi kepada beliau, maka beliau berkata kepadanya, “Perbanyaklah istighfar kepada Allah.”

Dilain waktu datang lagi mengadu kepada beliau, seseorang tentang kemiskinannya, beliau minta nasehat agar dapat bisa bangkit dari masalahnya, maka beliau berkata kepadanya, “Perbanyaklah olehnya istighfarkepada Allah.”

Kemudian, di lain waktu, datang lagi seseorang yang menginginkan hadirnya seorang anak setelah menikah lama tak juga memiliki keturunan,
Ia berkata kepada beliau, “Do’akanlah (aku) kepada Allah, agar Ia memberiku anak”, maka beliau mengatakan kepadanya, “Perbanyaklah olehnya istighfar kepada Allah.”

Maka Ar-Rabi’ bin Shabih berkata kepadanya, “Banyak orang yang mengadukan macam-macam perkara dan Anda memerintahkan mereka semua untuk ber-istighfar.”

Akhirnya Hasan Al-Bashri menjawab, “Aku tidak mengatakan hal itu dari diriku sendiri. Tetapi sungguh Allah telah berfirman dalam surat Nuh.”

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا﴿١٠﴾يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا﴿١١﴾وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Masya Allah betapa besarnya keutamaan dan buah dari istighfar.
Ya Allah, jadikanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang pandai ber-istighfar. Dan karuniakanlah kepada kami buahnya, di dunia maupun di akhirat.

Mari perbanyaklah istighfar, mohon ampun atas segala kekhilafan dan kesalahan kita kepada Allah ‘Azza Wajalla. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan salah kita semua. Aamiin